Gondok Beracun – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

By | Juli 21, 2018

Gondok Beracun – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan – Gondok adalah infeksi virus yang sangat menular pada kelenjar savila. Penyakit ini ada yang jinak atau tidak beracun, dan ada yang beracun. Gondok beracun (toksik goiter) adalah pembesaran kelenjar tiroid yang disertai adanya peningkatan produksi hormon tiroid atau abnormal (hipertiroid).

<>

Gondok Beracun – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gondok Beracun - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Terkadang orang yang mengidap akan memiliki masalah atau gejala awal seperti munculnya pembengkakan pada area kelenjar tiroid. Gondok beracun jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan penyakit gondok biasa.

Penyebab

Penyebabnya yaitu kurangnya asupan iodine atau yodium yang sering dikonsumsi oleh penderita sehingga jumlahnya dalam tubuh sangatlah rendah tidak memenuhi kebutuhan tubuh.

Gondok beracun sangat sering terjadi pada usia lanjut, penyakit ini berkembang dari gondok biasa. Gondok beracum akan mengalami peningkatan kadar hormon tiroid pertama kali sesudah mendapat sejumlah iodium via pembuluh darah vena atau via mulut. Iodium banyak digunakan sebagai kontras pada pemeriksaan CT scan atau kateterisasi jantung. Mengkonsumsi obat – obatan tertentu misalnya amiodarone juga menjadi salah satu faktor pencetus berkembangnya penyakit gondok beracun.

Gejala

Gejala yang akan muncul Meliputi :

  • Adanya benjolan atau pembengkakan di bagian leher.
  • Lemas dan cepat kelelahan.
  • Sering kram otot.
  • Sesak napas.
  • Gelisah.
  • Pergerakan usus meningkat pada pasien usia tua sedangkan pada usia muda pasien cenderung mengalami konstipasi atau sembelit.
  • Tidak tahan terhadap panas.
  • Komplikasi kardiovaskular juga sering terjadi misalnya adanya atrial fibrilasi, dan lain sebagainya. Biasanya lebih sering terjadi pada pasien gondok beracun yang berusia tua.
  • Pada wanita, menstruasi menjadi tidak teratur.
  • Dan mungkin ada gejala lainnya.

Lantas, Apa Saja Pengobatan / Tindakan Yang Harus Dilakukan (?)

  1. Pemberian obat seperti anti tiroid untuk menurunkan kadar hormon tiroid yang berlebihan. Anda bisa kunjungi >>> Cara Menurunkan Kadar Hormon Tiroid
  2. Tindakan pembedahan / operasi. Ini mungkin akan memberikan sedikit efek seperti tidak akan normal kembali. Tapi Anda bisa coba jika Anda siap.
  3. Pemberian obat beta bloker ( misalnya propranolol) bisa mengontrol gejala hipertiroid sampai kadar hormon tiroid bisa terkontrol.
  4. Anda bisa konsultasi ke dokter jika gondok beracun bertambah parah.

Mungkin Akan Memberikan Komplikasi Jika Tidak Ditangani Secara Cepat. Seperti :

  1. Pengeroposan tulang / osteoporosis
  2. Gagal jantung
  3. Aritmia atau irama jantung yang ireguler
  4. Koma bahkan kematian

Itulah sedikit penjelasan tentang gondok beracun – penyebab, gejala, dan pengobatan. Terimakasih semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Lain :

Support By | Obat Gondok Beracun Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *