Makanan dan Minuman Guna Menurunkan Panas Dalam

By | September 18, 2018

Perih, panas di perut juga makan jadi terganggu akan Anda rasakan pada saat mengalami panas dalam. Gejala yang muncul pun bervariasi, mulai dari sariawan, bibir pecah-pecah, sakit pada tenggorokan, hingga sembelit.

<>Panas dalam sendiri merupakan respons tubuh terhadap kondisi tertentu yang terjadi di dalam tubuh. Seseorang yang mengalami panas dalam biasanya akan merasakan panas di tubuhnya.

Dilihat dari penyebabnya ada beberapa hal yang sangat umum di ketahui, seperti diantaranya kurang asupan vitamin C, seran dan cairan, juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, akibat cuaca, hormon sedang tidak stabil hingga karena daya tahan tubuh yang kurang baik.

Dari penyebabnya itu, maka agar tubuh kembali adem sebenarnya tidak perlu menggunakan obat khusus. Ada beberapa ritual yang bukan rahasia lagi untuk mengatasi panas dalam. Sepertihalnya dengan mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang berkhasiat untuk meredakan panas dalam. di walatragroup.com telah merangkumnya untuk Anda.

Berikut Makanan dan Minuman Guna Menurunkan Panas Dalam

Inilah poin pertama yang akan membahas tentang Makanan apa saja yang bagus untuk Menurunkan Panas Dalam, siapkan catatan Anda

Makanan


Pisang

Tersiksa oleh sembelit dan panas yang menjalar dari perut hingga ulu hati. Gejala panas dalam ini bisa disebabkan oleh kondisi dehidrasi hingga pola makan yang kurang serat.

Untuk meredakannya, konsumsilah satu buah pisang dalam sehari. Hal ini berkaitan dengan sifat antasid di dalam buah pisang yang dapat mencegah kenaikan asam dalam perut.

Kacang Hijau

Kandungan protein yang cukup tinggi pada kacang hijau ini menjadi sumber mineral yang sangat penting berupa kalsium dan fasfor sehingga dapat mengatasi gejala panas dalam seperti tubuh kurang fit karena kekurangan mineral.

Oatmeal

Dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi serat, oatmeal dapat disajikan secara rutin untuk mencegah sembelit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari tubuh kurang fit dan sariawan. Kombinasikan dengan sayur maupun buah-buahan yang tinggi nutrisi, baik untuk sarapan maupun kudapan sehat.

Jeruk

Gejala panas dalam seperti misalnya muncul sariawa di rongga mulut, di pipi dan lidah di sebabkan karena kekurangan vitamin C sehingga berpengaruh pada daya tahan tubuh. Untuk mengatasi kekurangan vitamin C jeruk bisa Anda konsumsi, selain itu asam askorbat pada jeruk juga memiliki sifat antasida sehingga gejala sariawan cepat sembuh dan teratasi karena berkurangnya asam dalam perut

Minuman


Jus Semangka

Semangka dipercaya dapat menurunkan panas tubuh secara cepat dan alami karena kandungan air yang melimpah di dalamnya. Selain rendah kalori, segala kandungan pada buah ini sangat baik untuk tubuh. Semangka mengandung 93,4% air, 0,5% protein, 5,3% karbohidrat, 0,1% lemak, 0,2% serat, serta vitamin A, B, dan C.

Air Kelapa Hijau

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga menjadi salah satu penyebab panas dalam. Jika hal itu berlangsung parah, air putih saja tidak akan cukup membantu. Air kelapa menjadi solusinya karena mengandung ion-ion penting bagi tubuh. Selain itu terkandung pula glukosa, fruktosa, sukrosa, asam amino, asam arpatat, glutamat, tirosin, sistin, alanin, histidin, fanilalanin, dan serin. Kandungan isotonik, vitamin C, mineral, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa juga sangat cocok untuk kebutuhan tubuh.

Cuka Sari Apel

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam cuka apel dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan meredakan panas dalam. Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang lembut, hal ini juga sangat baik untuk membunuh bakteri dalam tenggorokan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, campurkan 5-7 sendok cuka apel dengan air hangat.

Air Perasan Lemon dan Madu

Madu dan lemon merupakan bahan alami yang dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit sejak dulu. Kandungan dalam kedua bahan tersebut sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Campuran antara madu dan perasan lemon sangat manjur untuk mengobati panas dalam.

Air Hangat dan Garam

Selain berfungsi sebagai oralit, larutan air garam juga bisa mengatasi panas dalam. Zat-zat dalam garam mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi, juga membunuh bakteri-bakteri yang bersarang di mulut dan tenggorokan. Hal ini sekaligus menjauhkan Anda dari bau mulut.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan berkat kandungan berbagai senyawa biologis aktif di dalamnya. Selain berkhasiat untuk kulit dan rambut, lidah buaya juga bisa menjadi obat untuk panas dalam. Anda bisa membuatnya sendiri. Siapkan dua sendok gel lidah buaya dengan segelas air putih.

Susu

Pencinta susu wajib bersyukur karena susu masuk dalam salah satu minuman untuk menyembuhkan panas dalam. Hal ini memang belum banyak diketahui masyarakat. Kandungan kalsium pada susu bisa menjadi obat untuk mengatasi panas dalam. Susu yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi panas dalam adalah susu UHT. Susu yang dicampur dengan madu juga bisa menjadi salah satu alternatif minuman untuk menyembuhkan panas dalam. Segera coba di rumah ya!

Cincau

Cincau sudah dikenal sebagai penurun panas dalam karena punya sifat pendingin alami yang tidak mengandung efek samping. Diolah sebagai minuman, cincau mudah dikonsumsi walau tenggorokan sedang sakit. Tapi sebaiknya hindari mencampurkannya dengan terlalu banyak santan, gula, atau es batu, karena justru akan memperparah nyeri dan gatal pada tenggorokan.

Itulah rangkuman tentang makanan dan minuman yang bisa membantu Anda meredakan panas dalam. Selain berguna untuk meredakan panas dalam makanan dan minuman tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan secara keseluruhan jadi jangan ragu untuk manyantap dan meminumnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^^

walatragroup.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *