Makanan Penambah Hb Darah Untuk Ibu Hamil

By | Oktober 12, 2018

Makanan Penambah Hb Darah Untuk Ibu Hamil – Kekurangan hemoglobin (Hb) merupakan salah satu hal yang paling umum dan rentan pada ibu hamil. Dan tidak hanya itu, kekurangan hemoglobin tersebut sering disamakan dengan penyakit anemia. Hemoglobin sendiri merupakan kandungan protein yang terdapat di dalam sel darah yang mengandung manfaat zat besi yang tinggi. Hemoglobin memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai pemberi oksigen di dalam darah yang akan mengantarkan menuju saluran pernapasan serta oksigen tersebut akan masuk ke seluruh jaringan dalam tubuh itu sendiri.

<>

Makanan Penambah Hb Darah Untuk Ibu Hamil

Pentingnya hemoglobin dalam darah ini, sehingga ibu hamil yang mengalami kekurangan hb dalam darah maka akan sangat berbahaya. Tidak hanya itu, bahkan akan mengganggu perkembangan janin yang dikandungnya. Ibu hamil mengalami kekurangan hemoglobin akan terganggu peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Padahal ibu sedang hamil harus membutuhkan sel darah merah dan hemoglobin yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam perut. Jika kekurangan hb pada ibu hamil, maka harus segera ditangani karena sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung.

Penyebab Hb Rendah Pada Ibu Hamil

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kekurangan hb pada ibu hamil seperti :

  • Aktivitas Fisik. Terlalu melakukan aktivitas fisik pada ibu hamil memang salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya hb dalam darah. Jika ini terjadi, maka akan membuat tubuh mudah lelah. Maka dari itu, para ibu harus memperbanyak istirahat dan jangan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.
  • Dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh juga dapat mengakibatkan hemoglobin berkurang. Ibu yang kekurangan hb yang disebabkan oleh dehidrasi akan mengalami gejala seperti lesu, lemas, dan lunglai.
  • Kurangnya Asupan Nutrisi Ketika Sedang Hamil. Faktor yang sangat penting jika sedang hamil yaitu dengan asupan banyak nutrisi. Apalagi jika kekurangan asupan gizi seperti asam folat, vitamin B12, vitamin C dan zat besi. Maka dari itu, para ibu harus memberi nutrisi lebih ketika sedang hamil agar selalu sehat dan janin pun akan sehat pula.
  • Pendarahan. Faktor ini juga yang berperan menurunkan hb pada ibu hamil. Pendarahan bisa terjadi akibat adanya gangguan penyakit seperti wasir, kecelakaan, dan lainnya yang menyebabkan pendarahan. Para ibu harus selalu waspada dan jangan sampai mengalami pendarahan.
  • Infeksi Penyakit. Kekurangan hemoglobin juga dapat menurun karena adanya infeksi penyakit dalam tubuh. Infeksi penyakit yang bisa menyebabkan menurunnya hb seperti infeksi ginjal, usus, liver, jantung, dan organ penting lainnya.
  • Obat-obatan Tertentu. Kekurangan hb juga bisa diakibatkan oleh asupan obat-obatan yang tidak sehat dan berbahaya. Ini karena didalam obat tersebut terdapat kandungan kimia yang dapat mengganggu sel darah dan mengakibatkan kekurangan hb.

Gejala Hb Rendah Pada Ibu Hamil

  • Mudah lemas, lelah
  • Kulit pucat
  • Seringnya mengalami pusing
  • Sering tidak sadarkan diri
  • Rontok rambut
  • Pembengkakan di bagian kaki dan tangan
  • keluar keringat dengan intensitas tinggi
  • Buang air besar bercampur dengan darah

Makanan Penambah Hb Darah Untuk Ibu Hamil

Kadar hemoglobin di dalam sel darah sangat penting dan harus diperhatikan, terutama pada saat ibu sedang hamil. Jika Anda mengalami kekurangan hemoglobin seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan penambah hb :

  • Buah-buahan

Pilih buah-buahan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan zat besi. Buah-buahan yang baik untuk menaikkan hb pada ibu hamil seperti pisang, semangka, apel, jeruk, alpukat, dan lainnya.

  • Susu

Susu yang baik untuk menaikkan hb pada ibu hamil seperti yoghurt, keju, dan olahan susu lainnya yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

  • Daging

Daging yang baik untuk meningkatkan hb yaitu daging sapi. Daging sapi mengandung zat besi yang bisa meningkatkan jumlah hemoglobin. Dan harus diperhatikan, jangan terlalu banyak makan daging sapi ini, karena tidak baik untuk kesehatan.

  • Kacang-kacangan

kacang-kacangan juga kaya akan zat besi dan sangat bermanfaat untuk menaikkan hemoglobin pada ibu hamil. Anda juga bisa memilih cara yang satu ini untuk menaikkan hb rendah.

Bila Anda telah mengkonsumsi makan tersebut tetapi hemoglobin (Hb) darah masih tetap rendah, Anda bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang 100% terbuat dari bahan alami dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun. Anda bisa mencoba menggunakan obat herbal Walatra Spirulina Platensis G yang sudah terbukti ampuh dan mampu membantu meningkatkan Hb darah secara alami dalam waktu relatif singkat tanpa efek samping.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *