Penyakit Radikulopati Servikal – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

By | Juli 20, 2018

Penyakit Radikulopati Servikal – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya;- Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penyakit radikulopati servikal. Simak dibawah ini…

<>

Apa Itu Radikulopati Servikal (?)

Penyakit Radikulopati Servikal - Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Radikulopati servikal atau syaraf kejepit adalah salah satu penyakit dimana terjadinya kerusakan pada akar syaraf di sekitar area tulang di bagian serviks (leher). Penyakit ini cukup banyak dialami oleh kalangan masyarakat yaitu orang dewasa. Namun, kalangan remaja dan anak-anak juga ada yang mengalami hal seperti ini.

Penyebab

Sebagaimana dinyatakan, radikulopati serviks sering menyebabkan nyeri leher serta radiasi dari rasa sakit, mati rasa pada bagian leher, kesemutan sampai ke lengan / tangan. Ini terjadi karena mengikuti jalur akar syaraf. Rasa sakit dapat menjalar ke bahu, lengan / tangan dan mempengaruhi fungsi otot.

Ini diakibatkan karena penyebab herniasi diskus, spondilosis serviks (perubahan degeneratif), yang mengarah pada penutupan atau penyempitan ruang di mana saraf akan keluar dari tulang belakang leher dan penyempitan ruang ini disebut “perambahan foraminal”, menyebabkan untuk kompresi atau “mencubit” bersama dengan iritasi yang dihasilkan dan radang saraf.

Gejala

Gejala muncul tergantung pada bagian akar yang terpengaruh dan akan merasakan rasa nyeri menyebar ke lengan, bahkan sampai ke dada, mati rasa, otot melemah, sering kesemutan, juga tidak jarang akan mengakibatkan rasa sakit di kepala. Juga kemungkinan ada gejala-gejala lain yang berbeda dari yang sudah di bahas diatas.

Adapun Beberapa Faktor Resiko, diantaranya : Obesitas / terlalu gemuk, pekerjaan yang sering membungkuk, dan faktor keluarga seperti faktor turunan.

Cara Mengatasi Radikulopati Servikal

Untuk cara penanganan, Anda bisa menahan leher agar tidak bergerak atau disebut imobilisasi, apalagi saat Anda tidur. Anda juga bisa mengompres dengan air es. Ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri pada leher dan sekitarnnya.

Anda juga bisa mencoba peragangan pada leher rahim, ini bertujuan untuk mengurangi kekejangan pada otot. Peregangan bisa dengan menggunakan tali yang disangkutkan ke kepala. Anda juga bisa dengan akupuntur.

Untuk obat, Anda bisa dengan steroid dan nono-steroid anti-inflammatory, ibuprofen dan naproxen. #Anda juga bisa kunjungi >>> Cara Mengobati Syaraf Kejepit Dengan Obat Herbal

Anda juga bisa berolahraga ringan seperti angkat beban, dan beberapa peregangan pada bagian leher. Tapi jangan terlalu keras.

Anda juga bisa melakukan cara dirumah seperti sering beristirahat ketika sudah melakukan kegiatan. Melindungi leher jangan sampai cedera seperti benturan pada bagian leher.


Itulah sedikit penjelasan tentang Penyakit Radikulopati Servikal / Syaraf Kejepit – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan maupun penulisan. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Lain :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *