Pertolongan Pertama Untuk Luka Lebam

By | September 6, 2018

Saat kita sedang melakukan aktivitas olahraga ataupun aktivitas lainnya, tidak jarang kita terjatuh atau terbentur yang membuat timbulnya luka memar atau lebam dan memerlukan pertolongan pertama. Lalu, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara melakukan pertolongan pertama dengan benar jika anggota dari badan kita ada yang terkena luka memar atau lebam.??

<>Nah untuk itu disini kami akan memberitahu bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi luka lebam. Namun sebelum membahas bagaimana cara dan apa obatnya, yuk kita simak dulu sedikit penjelasan bagaimana lebam/memar ini bisa terjadi. Berikut penjelasannya…

Pertolongan Pertama Untuk Luka Lebam

Luka lebam atau memar merupakan jenis luka yang paling umum dialami seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan aktivitas atau berolahraga, dimana ada saatnya ketika menjalankan aktivitas tersebut kita mengalami kecelakan seperti jatuh, terbentur, terpeleset, terkena tendangan ataupun pukulan. Dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah dibawah permukaan kulit pecah kemudian darah masuk ke dalam jaringan sekitarnya sehingga menimbulkan luka lebam / memar.

Selain karena faktor aktivitas dan berolahraga, luka lebam atau memar juga dapat ditimbulkan oleh alasan yang tidak jelas. Lebam / memar yang terjadi tanpa alasan yang tidak jelas dan disertai gejala gusi berdarah dan mimisan dapat menandakan terjadinya kelainan perdarahan. Jadi jika Anda sering mengalami luka lebam / memar tanpa alasan yang tidak jelas lebih baik periksakan diri Anda ke dokter.

Sebagian luka lebam / memar dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Luka lebam / memar yang disebabkan karena benturan biasanya dapat hilang dalam waktu 2-4 minggu. Namun, beberapa luka lebam yang disertai pembengkakan dan rasa sakit berlebih selama 30 menit atau lebih dapat menjadi tanda adanya kondisi yang lebih serius, terutama jika kondisi tersebut terjadi pada bagian kepala.

(Pertolongan Pertama) Tips Ampuh Untuk Mengobati Luka Lebam / Memar

  • Kompres Dengan Es. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi luka lebam / memar adalah dengan memberikan es kebagian anggota tubuh yang terkena lebam. Bungkus beberapa es batu dengan menggunakan kain / handuk untuk mengompres luka lebam. Lakukan kegiatan tersebut selama kurang lebih setengah jam agar rasa sakit dapat berkurang. Mengkompres dengan menggunakan es bertujuan untuk menyempitkan pembuluh darah, agar luka lebam tidak semakin membesar.
  • Kompres Dengan Air Hangat. Jika Anda sudah melakukan kompres dengan menggunakan es, maka setelah 24 jam gunakan kompres dengan air hangat untuk membantu penyembuhan luka lebam. Kompresan dengan menggunakan air hangat akan membuka pembulu darah, sehingga memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut.
  • Dengan Pijatan Ringan. Jika Anda sudah melakukan 2 tahapan seperti diatas, Anda bisa juga melakukan pijatan ringan untuk mengaktivasi proses limfatik. Sehingga luka lebam / memar dapat lebih cepat memudar.

Jika luka lebam / memar bertambah parah dengan rasa sakit yang tak tertahankan lagi. Lebih baik segera bawa ke rumah sakit untuk pertolongan yang lebih lanjut, karena ada kemungkinan patah tulang atau luka lainnya.

Itulah sedikit informasi mengenai pertolongan pertama untuk mengatasi luka lebam atau memar yang bisa Anda coba jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya. Semoga informasi bermanfaat ya ^_^

Posted By : walatragroup.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *